Rabu, 25 Agustus 2010

Memahami konsep penyimpanan file dalam komputer

Komputer dapat menyimpan berbagai informasi, seperti hasil pengetikan, program permainan, dan perintah-perintah untuk menjalankan computer. Hard disk termasuk salah satu dari media penyimpanan data pada computer. Menyimpan data dengan baik sangatlah penting. Sebab dengan demikian akan mempermudah komputer mencari informasi yang dibutuhkan oleh pengguna komputer. komputer menggunakan file dan folder untuk menyimpan data.
1.    Apakah file itu?
File adalah kumpulan data yang disimpan dalam media penyimpanan data. File dapat disimpan pada hard disk, floppy disc, atau CD (Compact disc). Kamu dapat melakukan banyak hal terhadap file tersebut, seperti mengubah isi file, memberi nama, meyimpan, atau menghapusnya.
      File juga memiliki berbagai tipe, seperti file teks, file gambar, file program, dan file e-mail. Pengguna (user) dapat mengenali tipe suatu file dari singkatan di belakang nama file tersebut. Tipe file ditulis dengan menggunakan singkatan, dengan menggunakan tiga huruf.
      Perhatikan contoh penulisan file berikut ini. 

                Contoh 
                latihan.doc  --> Nama file : latihan
                              Tipe   file  : doc
              

2     Bit dan Byte
Bit adalah kependekan dari Binary digit. Komputer memakai bahasa biner yang hanya terdiri atas angka 0 dan 1. Setiap angka 0 atau 1 besarnya 1 bit. Satu bit adalah unit informasi terkecil yang ada di computer. Kumpulan dari 8 bit disebut byte. Satu byte biasanya menghasilkan satu karakter huruf, angka, dan sebagainya. Jika kamu menekan sebuah tombol atau mengklik tombol mouse, berarti kamu telah mengirim sinyal elektronik on/off ke computer.
Jadi:

      0      --> besarnya 1 bit
      1              --> besarnya 1 bit
      00110011  --> besarnya 8 bit atau 1 byte

    
             Kamu mungkin sering melihat singkatan KB, MB, dan GB. Tahukan kamu apa artinya?
1.       KB = Kilobyte = 1000 byte (1024 byte)
2.       MB = Megabyte = 1.000.000 byte (1.048.576 byte)
3.       GB = Gigabyte = 1.000.000.000 byte (1.073.741 byte)



       3. Apakah fungsi folder itu?
           Komputer menyimpan ratusan bahkan ribuan file dalam hard disknya. Karena itu, sangat penting bagi kita untuk menyimpan file-file tersebut secara baik. Komputer menggunakan folder sebagai tempat untuk menyimpan file atau dikenal juga dengan sebutan direktori untuk menyimpan file. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar