Rabu, 17 November 2010

Menunjukkan Perangkat Keras Komputer

Perangkat Komputer
komputer kita memiliki bagian-bagian, bagian-bagian apakah yang terdapat di dalam komputer? Ternyata computer memiliki Keyboard, Monitor, CPU, Microsoft office, Paint, dan masih banyak lagi. Keyboard, monitor, dan CPU dapat disebut juga sebagai perangkat keras (Hardware).

Hardware
Ternyata telah kita ketahui jika Hardware adalah perangkat keras. Bagian fisik dari komputer yang bisa kita sentuh dan pegang, dan juga termasuk bagian dari computer yang mudah sekali pecah. Karena mudah rusak kita harus hati-hati ketika memasangnya.
Contohnya ialah: keyboard, harddisc, CPU, monitor, Mouse, dsb. 


Keyboard
Keyboard adalah perangkat computer yang digunakan untuk mengetik, memasukkan huruf, angka, dan simbol-simbol ke dalam komputer. Perangkat ini memiliki huruf-huruf dan angka yang tersusun rapi di atasnya. Susunan huruf di keyboard dimaksudkan untuk memudahkan kita mengetik, misalnya susunan huruf DVORAK ataupun QWERTY. 


 
Tetikus
Tetikus, dalam bahasa inggris: mouse. Mouse adalah perangkat computer yang digunakan untuk menggerakkan kursor yang berada di layar monitor. Perangkat ini dinamakan mouse karena bentuknya yang kecil menyerupai tikus. Mouse ini memiliki 2 tombol yang berada di ujung kiri dan ujung kanan. Tombol yang berada di ujung kiri berfungsi untuk memilih dan yang berada di ujung kanan berfungsi untuk menampilkan suatu perintah.  

Pemindai
Pemindai, dalam bahasa inggris: Scanner. Scanner adalah perangkat computer yang digunakan untuk memindai benda. Benda yang dipindai ini misalnya mainan, kertas, maupun gambar.  Penggunaannya lebih sering digunakan untuk memindai gambar. Scanner ini bentuknya tipis, dengan potongan kaca yang dilengkapi sensor di dalamnya.



Layar, dalam bahasa inggris: monitor. Monitor adalah perangkat computer yang digunakan untuk menampilkan hasil ketikan kita. Kita mengetik menggunakan keyboard, maka hasil ketikan kita pada keyboard akan nampak pada monitor.  Tanpa menggunakan monitor, kita tidak dapat melihat hasil ketikan kita. Jadi monitor sangatlah penting dan merupakan bagian dari computer.  Monitor ini sangatlah banyak macamnya, misalnya LCD (Liquid Cyrstal Dysplay), Layar Televisi biasa, dan layar Plasma.

Pencetak
Pencetak, dalam bahasa inggris: printer. Printer adalah perangkat computer yang digunakan untuk mencetak hasil pekerjaan kita di atas kertas. Ketika kita mengetik puisi, pantun, atau mengarang sebuah cerita, hasil pekerjaan tersebut dapat kita cetak untuk kita bawa pulang atau simpan. Kertas yang kita gunakan untuk mencetak hasil kerja kita bisa bermacam-macam, misalnya kertas folio, kertas HVS, dsb.


Pengeras Suara
Pengeras suara, dalam bahasa inggris: Speaker. Speaker adalah perangkat computer yang digunakan untuk menghasilkan suara. Sehingga kita dapat mendengarkan music, bermain music, dan mendengarkan suara efek permainan. Tanpa speaker computer kita tidak akan bersuara.




Cakram keras
Cakram keras, dalam bahasa inggris: Harddisc. Hardisc adalah media penyimpanan data. Tempat kita menyimpan hasil ketikan kita. Kita dapat langsung menyimpan ketikan kita dengan menggunakan perintah “save” yang artinya menyimpan. Data yang disimpan di dalam hardisc tidak akan hilang sekalipun computer dalam keadaan mati. Bagusnya harddisk ditentukan oleh banyaknya data yang mampu disimpan oleh haridisc itu sendiri, misalnya: 40 GB, 80 GB, dan 100 GB. Semakin besar jumlah data yang mampu disimpan sejauh itu pula harddisk tersebut dikatakan bagus.


By: Tirta Anugrah
Sponsored by : 

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar