Minggu, 13 Maret 2011

Memahami Susunan Tombol Keyboard

1. Susunan tombol pada keyboard
Keyboard dalam bahasa Indonesia adalah papan tombol (seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya). Papan tombol ini sebenarnya terbagi atas 3 susunan tombol akan tetapi yang perlu diutamakan untuk kita pahami hanyalah 2 susunan tombol seperti yang akan dijelaskan sebagai berikut.

a. Susunan tombol qwerty
Susunan tombol qwerty ini pertama kali ditemukan oleh E. Remington pada tahun 1874 dan telah digunakan untuk mesin tik. Susunan tombol tersebut dinamakan qwerty karena susunan tombol q, w, e, r, t, dan y berada secara berurutan pada baris paling atas seperti yang terdapat pada gambar di bawah.

Gambar. Keyboard qwerty


b. Susunan tombol dvorak
Susunan tombol ini ditemukan pertama pada tahun 1974. Susunan tombol yang satu ini tidak dinamakan dvorak karena memiliki huruf tombol d, v, o, r, a, dan k yang tersusun secara berurutan pada baris paling atas, melainkan karena penemu keyboard ini ialah August Dvorak sehingga keyboard ini dinamakan keyboard dvorak. Gambar dari keyboard dvorak dapat dilihat di bawah ini.

gambar. Keyboard dvorak


Keyboard dvorak adalah pengembangan dari keyboard qwerty, salah satu keunggulan dari penggunaan keyboard ini ialah pengguna keyboard dvorak mampu mengetik lebih cepat dibandingkan pengguna dengan keyboard qwerty. Disamping itu kecil sekali kesahalan pengetikan ketika pengguna menggunakan keyboard dvorak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar